Wednesday, September 17, 2008

Penjajahan Jepang oleh Andika kelas 5

Tanggal 8 Maret 1942, tentara Jepang mendarat di Kalimantan untuk mengambil sumber minyak tanah. Pada tanggal 9 Maret Belanda menyerah kepada Jepang. Pemimpin Jepang adalah Hitoshi Imamura. Salah satu orang yang memimpin tentara Jepang adalah Tadamachi Kuribayashi Tujuan mereka datang ke Indonesia adalah menguasai wilayah Indonesia atau Indonesia dijadikan sumber minyak mentah.

Yang Jepang lakukan kepada Indonesia adalah : petani harus bekerja kepada Jepang. Petani juga wajib untuk menyetorkan hasil panen kepada Jepang. Petani wajib menanam jarak untuk pelumas senjata. Hutan- hutan dipotong untuk kebutuhan industri. Besi atau logam harus diberi ke Jepang untuk industri senjata.

Pemuda- pemuda Indonesia harus bekerja dengan paksa. Salah satu pahlawan yang melawan Jepang adalah K.H Zainal Mustafa. Jepang membuat suatu organisasi militer. Pemuda- pemuda Indonesia dilatih untuk mempertahankan negara kami Indonesia. Pada tahun 1945, Jepang meninggalkan Indonesia karena salah satu dari kota mereka yang bernama Hiroshima terkena bom atom yand dijatuhkan oleh negara Amerika. Karena itu, Jepang mengaku kalau mereka menyerah. Pahlawan yang melawan Jepang adalah H. Abdullah Surabi.

Pada tahun 1942 Jepang merubut kota ini :

-Manilla

-Sabah

-Brunei

-Ambon

-Tarakan

-Manado

-Kendari

-Pontianak

-Makassar

-Surabaya (telah di bom)

-Palembang (telah di bom)

-Batavia dan Malang (telah di bom)

No comments: